Pasang Iklan Gratis Tayang Di Google

Mau bisnis Kamu Di Kenal banyak Orang? Pasang iklan bisnismu sekarang! Tanpa Daftar Langsung Tampil Di google!

+ Buat Iklan+ Iklan Baris

Advertisement

Pantai Cemara Banyuwangi

Daftar Isi (toc)

heindonesia.id - Banyuwangi kini menjadi salah satu tujuan utama untuk berwisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Letak geografis Banyuwangi terletak di ujung timur provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata alam yang keren dan patut untuk dikunjungi. Salah satu obyek wisata yang dapat dikunjungi adalah Pantai Cemara.

Pantai Cemara terletak di kota Bayuwangi tepatnya di Dusun Rowo, Desa Pakis, Kecamatan Bayuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini mulai terkenal pada tahun 2015 dikarenakan keunikan yang ada pada Pantai tersebut. 

Dulunya Pantai ini berama Pantai Rejo yang merupakan tempat pendaratan perahu nelayan dan tempat di lakukannya transaksi jual – beli ikan secara langsung. Kemudian mulai diadakan kegiatan – kegiatan oleh warga setempat dan pemerintah setempat yang dapat meningkatkan keindahan di Pantai ini sejak tahun 2011. Misalnya penanaman pohon cemara udang dengan susunan yang rapi dan menarik sehingga Pantai ini dapat memikat para wisatawan yang akhirnya mulai dikenal dengan nama Pantai Cemara.

Pantai Cemara dengan panjang Pantai 2 km membentang dari utara sampai selatan di penuhi oleh pohon cemara udang yang berjejer berderet yang jumlahnya mencapai lebih dari 16 ribu pohon rindang. Terlihat seperti hutan cemara karena begitu banyaknya dan rimbunnya tanaman cemara ini. Pemandangan ini sangat menarik untuk dijelajahi serta dapat dijadikan spot – spot foto.

Sebagai tempat berteduh, fungsi dari pohon cemara udang di pinggir Pantai ini juga dapat sebagai antisipasi dan angin kencang. Pantai ini merupakan tempat wisata favorit warga kota Bayuwangi. Ombaknya yang relatif kecil, cukup aman untuk para pengunjung yang membawa anak – anak berenang dan bermain di pinggir Pantai, atau sekedar menyusuri Pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Cemara


Untuk menjaga dan merawat obyek wisata dibutuhkan dana yang mendukung. Dana tersebut dapat berasal dari sumbangan pemerintah maupun wisatawan yang datang untuk berkunjung. Masuk ke lokasi Pantai Cemara anda dapat membayar uang retribusi sebesar 2000 rupiah saja per orang. Parkir motor cukup membayar 2000 rupiah dan 5000 rupiah untuk parkir mobil.

Rute Menuju ke Lokasi Pantai Cemara

Menuju lokasi Pantai Cemara tidaklah melewati medan yang sulit. Hanya saja jalan yang belum cukup baik yaitu terdapat aspal yang rusak dan beberapa jalan yang masih berupa tanah. Anda dapat menempuh perjalanan menuju lokasi Pantai selama 20 menit saja dari kota Banyuwangi. 

Rute Pantai Cemara dari Kota Banyuwangi dapat dimulai dari mengambil jalan ke Hotel Santika. Di samping hotel Santika terdapat gang masuk ke timur, lurus saja ikuti jalan tersebut sampai pertigaan belok kanan di daerah persawahaan. Ikuti jalan sampai menemukan pertigaan yang ada papan petunjuk jalan lokasi Pantai Cemara. 

Ikuti jalan tersebut hingga melewati sawah – sawah warga dan kolam – kolam ikan warga setempat. Sebelum menuju parkiran, harus menyebrangi sungai kecil yang berisi air payau. Terdapat pemandangan tumbuhnya beberapa jenis pohon yang terdapat di Pantai-Pantai yaitu pohon mangrove.

Terdapat spot foto menarik yang wajib untuk di coba jika berkungjung ke Pantai Cemara. Setelah menyebrangi sungai sampailah di lokasi Pantai Cemara.

Obyek Wisata di Pantai Cemara

Pantai Cemara memiliki keunikannya sendiri, sehingga para wisatawan berbondong – bondong untuk mengunjungi dan menikmati Pantai ini. Hal – hal yang dapat di temukan dan di lakukan di Pantai Cemara antara lain:

1. Spot Foto

Terdapat beberapa spot foto menarik yang dapat di coba selain menikmati keindahan Pantai pasirnya. Seperti salah satu spot sebelum memasuki tempat parkiran kendaraan. Terdapat spot yang memiliki background atau latar belakang yang bagus, yaitu berupa sungai air payau dan beberapa pohon mangrove serta pohon cemara yang nan elok dilihat. 

Seiring dengan pertumbuhan wisatawan yang semakin bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun, jumlah spot – spot foto mulai di tambah sebagai daya pikat wisatawan. Anda dapat berfoto di tempat duduk warna – warni, ataupun di tempat dengan latar belakang tulisan “ love ”. 

Berhubung pantai Cemara merupakan tempat penangkaran penyu, wisatawan dapat berfoto bersama penyu. Untuk pecinta fotografi dapat memanfaatkan spot – spot foto tersebut dan juga selain indah tempat ini juga romantis bagi pasangan yang ingin mengadakan sesi pemotretan prewedding.

2. Pasir Hitam dan Pohon Cemara

Pantai cemara memiliki karateristik hamparan Pantai pasir dengan butiran lembut yang berwarna agak kehitaman. Di sekeliling Pantai terdapat juga hutan pohon cemara yang berjenis pohon cemara laut. Karateristik inilah yang memberikan ke unikan sekaligus asal – usul terbentuknya nama Pantai Cemara. 

Di Pantai ini terdapat penjual – penjual makanan dan minimum yang dapat di beli dengan harga terjangkau untuk menemani anda selagi beristirahat menikmati keindahan Pantai.  Beragam menu dapat anda pilih sembari bersantai di bawah pohon, menikmati makanan yang telah di pesan dan menikmati suasana di sekitar yang masih alami. 

Pohon – pohon cemara yang rindang dan bersih membuat sejuk wisatawan yang beristirahat untuk sekedar bersantai – santai. Dalam menikmati sejuknya hutan cemara, wisatawan sering menggelar tikar meskipun hanya sekedar bercengkrama ataupun menikmati makanan – minuman dibawah pohon.

3. Tempat Penangkaran Penyu

Selain pasir dan pohon cemaranya, Pantai ini juga memiliki tempat penangkaran penyu semi alami yang masih sederhana. Tempat ini terdiri dari tempat pembesaran dan edukasi penyu. Ketika masa musim telur penyu, bila anda beruntung akan dapat melihat penyu yang melakukan pendaratan untuk bertelur secara langsung di tepi Pantai. 

Untuk tiket masuk ke penangkaran penyu cukup membayar 2000 . Selain penyu juga terdapat kolam – kolam ikan. Tempat penangkaran ini berfungsi untuk melindungi telur – telur penyu dari serangan predator atau hewan – hewan pemakan telur ataupun manusia nakal yang ingin mengambil telur tersebut untuk dijual. 

Selama beberapa bulan sekali terdapat acara pelepasan tuki. Tukik merupakan anak penyu. Dalam pelepasan tukik cukup membayar 2500 per tukiknya. Patut dicoba jika anda berkunjung ke Pantai Cemara ini.

4. Sunrise of Java nya Banyuwangi

Keindahan yang dapat dinikmatin di Pantai Cemara ini adalah saat mengunjungi di pagi hari, anda dapat menikmati Sunrise of Java nya Banyuwangi. Desiran ombak dengan hamparan pasir Pantai yang membuat hati damai.

5. Tempat Camping (Berkemah)

Di Pantai ini terdapat lapangan yang luas. Biasanya para pengunjung memakai tempat ini sebagai tempat camping (berkemah). Jika malam tempat tersebut juga sering di adakan api unggun oleh para orang yang mengadakan kemah. Karena udaranya yang sejuk saat pagi hari tempat tersebut banyak terdapat pengunjung – pengujung yang melakukan olahraga.

6. Lorong Goa Cemara

Deretan pohon – pohon cemara yang di tanam sepanjang Pantai semakin bertumbuh banyak, besar dan rindang sehingga menyerupai goa yang panjang dan indah. Tempatnya yang rindang cocok untuk berteduh atausekedar berjalan – jalan menyusuri lorong goa cemara.
https://www.google.com/maps/embed?pb=!1m18!1m12!1m3!1d3948.4255925198686!2d114.36869351538661!3d-8.260365785286917!2m3!1f0!2f0!3f0!3m2!1i1024!2i768!4f13.1!3m3!1m2!1s0x2dd15a5654a6ac8d%3A0x188c87fa63fa390b!2sPantai%20Cemara!5e0!3m2!1sid!2sid!4v1620283891891!5m2!1sid!2sid
Hubungi Telpon
(ads2)
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Pantai Cemara Banyuwangi ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Wisata Pantai. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)
MAU DONASI? Donasi Via Paypal untuk traktir secangkir kopi publisher kami agar lebih semangat. Terima kasih.

Forum Tanya Jawab

0 Pengguna
* Mohon Jangan Spam link Disini. Semua Komentar akan ditinjau oleh Admin

Top Post Ad

Below Post Ad

Comments

Terbaru Di Heindonesia