Pasang Iklan Gratis Tayang Di Google

Mau bisnis Kamu Di Kenal banyak Orang? Pasang iklan bisnismu sekarang! Tanpa Daftar Langsung Tampil Di google!

+ Buat Iklan+ Iklan Baris

Advertisement

Pesona Alam Gunung Merbabu, Memikat Hati Para Pendaki

Daftar Isi (toc) heindonesia.id- Pesona Alam Gunung Merbabu. Sudah pernahkah ke gunung Merbabu? Sudah pernah melihat keindahan pesona alam nya? Saya yakin sobat semua sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Termasuk salah satu gunung populer di Indonesia yang letak nya di Jawa Tengah, yang besarnya sebagian masuk di kabupaten Magelang dan sebagian lagi masuk wilayah Salatiga dan juga Boyolali.

Gunung Merbabu sendiri tidak pernah sepi sama yang namanya wisatawan dan juga para pendaki. Ya meskipun selama pademi Covid ini banyak dibatasin, tapi kabarnya sudah mulai dibuka lagi awal Agustus nanti.

Pesona Alam Gunung Merbabu, Memikat Hati Para Pendaki


Kali ini tifaniadelia.com pengen ngebahas apa saja sih yang menjadi daya tarik gunung merbabu sehingga banyak mengundang para pendaki dan juga wisatawan untuk menaikinya. Tapi sebelumnya aku mau ngasih info ke sobat semuanya bahwa tiket masuk untuk ke gunung merbabu ini relatif murah yakni berkisar 20.000 an saja. Tidak tahu ya kalau sekarang udah naik atau belum.

Untuk rute pendakian sendiri bisa melewati 3 jalur, yang pertama bisa melalui Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Salatiga. Kemudian bisa melalui Selo, Boyolali dan yang ketiga sobatku bisa melalui jalur suwanting tepatnya yang ada di desa Banyuroto Magelang. Namun menurutku jalur pendakian paling favorit adalah melalui jalur Selo, Boyolali karena lebih  banyak spot dan pemandangan indah yang dilalui.

Macam-macam Daya Tarik Gunung Merbabu

pesona-alam-gunung-merbabu
Image by Aliko Sunawang from Pixabay

1. Keindahan Panorama Yang Tiada Batas

Jelas sekali sobat kelebihan yang pertama adalah dari segi pemandangannya yang memanjakan mata. Sepanjang jalur pendakian sobat bakalan disuguhkan pemandangan menarik yang tiada henti. Terutama jika sobat mendaki melalui jalur Selo, sobat bisa melihat langsung  keindahan gunung di sebelahnya yakni gunung Merapi.

Selain itu di Gunung Merbabu juga menyajikan spot-spot dengan keindahan yang luar biasa seperti di beberapa kawah yang ada di gunung ini antara lain adalah Kawah Kendang, Kawah Sambernyowo, Kawah Kombang dan Kawah Condrodimuko. 

Selain pemandangan kawah diatas, sobat jika bisa menikmati indahnya awan dan kabut sejuk yang menyelimuti gunung ini. Tidak lupa juga jika di gunung ini terdapat beberapa hutan indah nan asri seperti hutan dipterokarp, montane dan juga hutan ericaceous, wah pokoknya banyak bisa dinikmati selama pendakian hingga puncak gunung.

2. Cerita Sejarah dan Cerita Mistis Gunung Merbabu

Rasanya belum afdhol jika kita datang ke satu tempat terkenal namun tidak mengetahui mengenai sejarah tempat tersebut. Menurut cerita sejarah, gunung merbabu ini pernah menjadi tempat pertapaan terkenal dan pernah ditempati oleh Bujangga Manik alias Prabu Jaya Pakuan yang merupakan penerus kerajaan Sunda pada abad ke-15.

Selain dari sejarah tersebut, ada juga cerita mistis yang mengatakan kalau di gunung tersebut banyak makhluk yang tak kasat mata, di gunung tersebut terdapat gua ghaib yang dinamakan dengan Watu Gubug, dan katanya buat yang bisa melihat gua tersebut, pertanda tidak diterima di gunung tersebut. Waduh serem juga ya ternyata, namun mengenai mistis terserah sobat sendiri mau percaya atau tidak, soalnya semua tadi hanya katanya dan katanya menyebar dari orang ke orang.

3. Keramahan Masyarakat dan Fasilitas Yang Ada

Jika sobat masih pemula dan belum pernah datang ke Gunung Merbabu, jangan khawatir karena yang saya tahu masyarakat di sekitar situ semuanya ramah-ramah dan akan menjawab setiap pertanyaan sobat semua dengan senang hati. Selain itu ada juga tim khusus disitu bakalan ngelayanin juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendakian, tentu saja jika sobat mau fasilitas lebih harus ada biaya lagi ya.

Yang paling penting sobat harus taat pada peraturan, karena jika sobat gak taat peraturan bakalan nyusahin diri sendiri. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan

  • Jangan mencoba untuk mendaki selain jalur yang sudah ditentukan, karena itu bisa membahayakan sobat sendiri
  • Jangan melupakan peralatan atau perlengkapan pendakian yang diperlukan, termasuk bekal dan juga obat-obatan
  • Jangan menentang adat atau kebiasaan yang ada disitu, meskipun ada beberapa hal yang dianggap cuma mitos, tapi demi keselamatan alangkah lebih baik untuk tidak menentangnya
  • Sebagai orang cinta alam, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena itu mencemari lingkungan juga bisa merusak keindahan
  • Yang gak kalah penting harap selalu memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk yang ada
  • Sebagai pecinta alam yang baik jangan memetik tumbuhan dan juga bunga sembarangan, karena demi menjaga kelestarian dan juga keindahan alam
  • Usahakan untuk selalu bersama dan tidak terpisah dengan rombongan

Memang lelah yang namanya mendaki gunung, tapi sobat boleh percaya jika sudah mencapai puncak atau lokasi lebih tinggi saja semua rasa lelah itu bakalan terbayar dengan keindahan yang ada. Buat yang pengen ke gunung merbabu jangan lupa ya buuat cek info terbaru dan mendaftar via online sebelum jadwalnya untuk alamat webnya, sobat bisa melakukan booking di https://tngunungmerbabu.org . 

Oke sobat, itu tadi tifaniadelia.com mencoba memberikan informasi dan juga tips seputar Gunung Merbabu. Adapun jika ada salah atau kurangnya mohon untuk dikoreksi, terima kasih dan semoga bermanfaat.


Baca Juga : Tips Dan Motivasi
Hubungi Telpon
(ads2)
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Pesona Alam Gunung Merbabu, Memikat Hati Para Pendaki ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Wisata Gunung. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)
MAU DONASI? Donasi Via Paypal untuk traktir secangkir kopi publisher kami agar lebih semangat. Terima kasih.

Forum Tanya Jawab

0 Pengguna
* Mohon Jangan Spam link Disini. Semua Komentar akan ditinjau oleh Admin

Top Post Ad

Below Post Ad

Comments

Terbaru Di Heindonesia