Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Tentang Tempat Ini

Tifaniadelia.com - Bisakah Biaya Hidup 1 juta sebulan? Ada sebuah pertanyaan dari seorang teman yang membuat saya menuliskan artikel ini, bisakah untuk bertahan dengan biaya hidup 1 juta sebulan. Sebenarnya namanya biaya hidup itu tergantung dari polanya masing-masing. Jika kebiasaan dia sederhana ya bisa saja, namun jika sudah terbiasa hidup boros yang pastinya bakalan susah.

Kita pastinya selalu mengharapkan yang namanya rejeki dan keuangan kita lancar dan selalu banyak. Tapi kalau gak terbiasa hidup hemat dan tiba-tiba mengalami krisis keuangan pasti nya kamu bakalan susah buat menghadapinya. Jadi jika mau belajar hidup  hemat apapun kondisinya, kita gak akan rugi kok, pas lagi banyak duit berhemat, kalau gak lagi banyak duit jadi gak kaget.

Bisakah Biaya Hidup 1 juta Sebulan

Tips Hemat Biaya Hidup 1 Juta Sebulan
Photo by Anna Shvets from Pexels

Untuk orang yang hidup di desa sebenarnya masih cukup dengan biaya hidup 1 juta sebulan, karena memang untuk biaya makan dan lain-lain relatif lebih murah dibandingkan di kota. Kalau orang yang seperti saya dari dulu sering 1 bulan satu juta, kadang malah gak nyampe, kalau buat kamu yang biasa berpola hidup boros ya gak bakalan.

Jawabannya adalah bisa, kalau untuk bertahan hidup ya, bukan untuk menjadi kaya. 


Tips Kelola Biaya Hidup 1 juta Sebulan


Ada beberapa tips buat sobat semuanya biar gimana caranya bisa mengatur keuangan dengan baik cuma habis 1 juta sebulan, antara lain sebagai berikut :

1. Utamakan Kebutuhan Pokok

Yang pertama adalah utamakan untuk pengeluaran hanya pada kebutuhan pokok saja. Misalkan makan, minum sama ongkos kerja. Yang paling penting itu, karena kan kita hidup masih harus terus berproses kan, harus tetap hidup dan menjalankan aktifitas dengan baik, modalnya ya punya tenaga dari makan dan bisa bekerja.

Jadi selama masa krisis lebih baik hindarin dulu deh yang namanya pengen beli fashion baru dan yang lain-lain, buat yang cowok kurangi rokoknya, buat yang cewek kurangin kosmetiknya.

2. Membeli Bahan Makan Mentah

Bahan makanan mentah jauh lebih murah, misalkan saja kamu hidup sendiri di perantauan, kamu makan sekali saja minim 10 ribu rupiah, tapi jika dibelikan beras bisa untuk makan sampai 4 atau 5 kali.  Jadi ya solusi utama jika ada uang cuma 1 juta untuk sebulan ya mau masak sendiri donk. Selain itu untuk lauk pauknya juga usahakan untuk beli mentah karena harganya jauh lebih murah. Kalau di total beli beras buat sendiri gak sampai 10 liter kan sebulan, sama lauk buat tiap hari sebulan total gak sampai 500 ribu kalau mau masak.

3. Berburu Diskon

Kalau kalian mau irit nih ya, tips selanjutnya adalah dengan berburu diskon, jadi kalau beli misalkan ke minimarket untuk keperluan sehari-hari usahakan ambil yang lagi promo. Kalian bisa kok cek katalog harga di internet pasti banyak yang update.

Misalkan saja nih untuk beras 5 kg normalnya adalah 70 ribu, kalau pas promo kan bisa sampai dengan 49 ribu saja.

4. Kurangi Keluar Rumah Untuk Main

Yang biasa main sama yang biasa dirumah aja, itu jauh sekali pengeluarannya, apalagi mainnya ke tempat tongkrongan yang segalanya ngeluarin duit. Jadi tips selanjutnya adalah kurangi main, otomatis duit kamu aman. Kalau gak penting-penting banget mendingan dirumah aja

5. Perbanyak Aktifitas Positif Tanpa Biaya

Salah satu biar kita lupa ama kepengen belanja dan lain2. Coba kita perbanyak kesibukan-kesibukan ringan yang memenuhi waktu kita, misalkan saja rajin bersih-bersih rumah, pakaian dan lain-lain. Dengan begitu kita bakalan lupa sama yang namanya jajan, shoping dan sejenisnya.

6. Beli Peralatan MCK Yang Besar Sekalian

Biasanya nih mentang-mentang lagi gak ada duit belinya yang kecil-kecil, misalkan saja beli pasta gigi kecil, sabun satuan, detergen yang kecil, sunlight yang kecil. Justru itu bakalan bikin boros, karena setelah itu bakalan beli lagi dan beli lagi. Beli yang besar sekalian untuk sebulan bahkan bisa lebih dari sebulan jadi pengeluaran di bulan berikutnya lebih aman.

7. Irit Paketan Internet

Sekarang kan paketan internet udah kaya lauk pauk, kalau gak ada paketan ya kaya cuma makan nasi doank. Usahakan untuk irit dalam penggunaan paket internet. Jadi usahakan untuk hemat, beli paketan yang murah karena tiap provider kan beda-beda. Selain itu beli paketan yang banyak sekalian biasanya lebih murah daripada dikit beli lagi, dikit beli lagi, jatuhnya malah habis banyak.

8. Nyari Teman Buat Patungan

Biasanya kalau beli bahan makan atau kebutuhan sehari-hari yang gede meskipun lebih mahal tapi dapatnya jauh lebih banyak. Misalkan beli 1 yang ukurang gede, dibandingkan beli 2 yang kecil ditotal lebih murah yang gede bukan. Makanya solusi nya ya cari teman buat patungan, biar dapatnya lebih banyak.

9. Jalankan Program Diet

Ada yang bilang kalau orang jawa "diet kepepet", yang artinya diet karena terpaksa, jadi sekalian sih sebenarnya, bukan karena terpaksa, jadi manfaatin moment aja karena mungkin lagi krisis jadi ya bisa lebih hemat lagi, biasanya makan satu porsi jadi setangah porsi, biasanya makan yang berlemak cukup beli sayuran.

10. Jalankan Puasa Senin Kamis

Buat yang muslim bisa ditambah dengan puasa, sebenarnya gak bagus juga kalau niatnya puasa karena uang mepet. Jadi niatin aja ibadah sebenarnya, sekalian biar kondisi hidup kita lebih baik. Imbasnya ya lebih hemat juga kan udah gak ngemil-ngemil lagi tuh, lalu malamnya segera tidur, hehe

Tips selanjutnya ya gimana caranya biar pendapatan meningkat, gak mungkin juga kan kita bakalan terus bertahan dengan pola yang tebatas begitu, kapan kita bisa nabung dan lain-lain kalau setiap bulan pemasukan hanya 1 juta saja.

Selain itu biar sobat gak ngalamin kejadian krisis ya usahakan untuk berhemat meskipun sedang banyak uang, jadi bakalan punya cadangan, yang perlu kita ingat-ingat kalau yang namanya rejeki itu naik turun. Selain itu juga kita bisa sedekah biar rejeki kita lebih lancar lagi kedepannya.

Oke deh, demikian tips gimana cara betahan dengan uang 1 juta sebulan. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.


Baca Juga : Tips Dan Motivasi

2 komentar untuk "10 Tips Hemat Biaya Hidup 1 Juta Sebulan"

  1. Makasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mau gimanapun tetap susah kak. Harus irit banget.

    Keculai kalau trpaksa pasti bisa

    BalasHapus