Legenda Dan Mitos Pantai Parangtritis. Jika kita mendengar nama Parangtritis pastinya sudah tidak asing lagi karena memang termasuk pantai yang fenomenal dan juga paling populer dibandingkan pantai Yogyakarta lainnya. Selain dari keindahan alamnya tentu sobat sendiri sedikit banyak sudah mendengar mengenai beberapa legenda dan juga mitos di balik pantai yang satu ini.

Yang namanya legenda dan juga mitos memang bisa dipercaya dan tidak bisa dipercaya. Namun cerita-cerita legenda dibalik tampat yang spesial selalu menarik untuk diulas. Dan juga meskipun kita tidak percaya tidak seharusnya menantang beberapa mitos yang ada karena kita tidak tahu kebenarannya. Baiklah sobat kali saya akan coba menjelaskan beberapa legenda dan mitos di balik Pantai Parangtritis, khususnya ada 3 legenda yang paling terkenal, antara lain ;

1. Larangan Memakai Pakaian Warna Hijau

Larangan untuk berkunjung dengan menggunakan pakaian warna hijau yang mungkin sudah sobat sering dengar. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan beberapa kejadian adanya orang hilang dan kebetulan memakai pakaian berwarna hijau. Dalam hal ini disebabkan karena kesukan dari Nyi Roro Kidul adalah warna hijau. Entah sebuh kebetulan atau memang benar adanya mitos dan legenda tersebut, yang jelas untuk cari aman lebih baik menghindari dan jangan menantang datang ke Parangtritis menggunakan pakaian berwarna hijau.

2. Legenda Nyi Roro Kidul Dan Ratu Kidul

Ilustrasi Ratu Kidul

Legenda yang kedua ini adalah sebuah legenda yang paling terkenal yakni legenda Nyi Roro Kidul dan Nyai Roro Kidul. Dalam hal ini Kanjeng Ratu Kidul juga disebut dengan nama Nyi Roro Kidul. Namun banyak yang mengatakan pula bahwa kedua nama tersebut adalah sosok yang berbeda. Dalam cerita legenda jawa dikatakan bahwa Ratu Kidul merupakan penguasa ombak Samudra Hindia yang konon katanya diciptakan Dewa Kapin dan juga sudah pernah menjadi Dewi Sri dan Dewi Padi. Selain itu Ratu Kidul juga dikisahkan sebagai pasangan mistis dari raja-raja zaman dahulu pada kerajaan Yogyakarta dan juga Kerajaan Mataram.

Pernah dikabarkan mengenai kebenaran keberadaan Ratu Kidul dari cerita Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX yang sempat bertemu dengan Ratu Kidul. Kemudian dalam pengakuan Sri Sultan Hamengkubuono sendiri menyebutkan bahwa Ratu Kidul bisa berubah wujud, menjadi muda pada saat bulan purnama dan menjadi sosok lain ketika tidak bulan purnama.

Kemudian untuk nama Nyi Roro Kidul sendiri kalau dari cerita kejawen berbeda dengan Ratu kidul. Nyi Roro Kidul banyak dikisahkan sebagai pembantu dari Ratu Kidul.

3. Sebagai Pantai Juga Gerbang Menuju Dunia Lain

Lanjut pada legenda dan mitos yang ketiga dari Pantai Parangtritis adalah cerita bahwa Pantai Parangtritis merupakan sebuah pintu gerbang menuju dunia lain. Dunia lain saya kira tentu ada, akan tetapi untuk mitos dan legenda bahwa Pantai Parangtritis sebagai pintu masuk entah benar atau tidak.

Hal ini banyak diceritakan boleh masyarakat sekitar Pantai Parangtritis bahwa setiap malam sudah lewat tengah malam atau sekitar pukul 1 dini hari akan terdengar suara gamelan yang berasal dari Pantai Parangtritis. Padahal pada jam segitu tentu saja sedang sepi tidak pengunjung. Hal itu juga banyak dikisahkan bahwa ada rombongan Nyi Roro Kidul yang sedang lewat menuju pada Gunung Merapi. Meski tidak bisa dibuktikan kebenarannya, akan tetapi sudah banyak masyarakat sekitar pantai yang mendengar suara tersebut setiap dini hari.

Demikian sobat mengenai beberapa legenda dan juga mitos yang berasal dari Pantai Parangtritis. Masalah benar atau tidak memang tidak ada yang mengetahui, namun sebaiknya kita ambil sisi positifnya saja yakni sebagai kekayaan budaya dari Yogyakarta dan juga Indonesia. Semoga cerita ini bisa menambah wawasan kita dan terima kasih.

0Comments

Previous Post Next Post