Pasang Iklan Gratis Tayang Di Google

Mau bisnis Kamu Di Kenal banyak Orang? Pasang iklan bisnismu sekarang! Tanpa Daftar Langsung Tampil Di google!

+ Buat Iklan+ Iklan Baris

Advertisement

Cara Berwudhu Yang Benar Untuk Wanita Beserta Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar Dan Latin

Daftar Isi (toc)
Heindonesia.id - Sebagai muslimah yang baik, seorang wanita tentu harus paham bagaimana cara berwudhu yang benar. Sesuai dengan syariatnya, cara berwudhu yang benar untuk wanita tidaklah berbeda dengan tata cara wudhu pria.

Mungkin, ada sedikit perbedaan pada segi adab dan praktiknya. Apalagi ada bagian aurat yang harus ditutupi seorang wanita ketika hendak berwudhu di tempat umum. Hal tersebut perlu diperhatikan, karena bisa menimbulkan dosa.

Cara Wudhu Yang Benar untuk Wanita Berhijab

Cara Berwudhu Yang Benar Untuk Wanita Beserta Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar Dan Latin
Sebelum masuk pada tata cara berwudhu yang benar untuk wanita, perlu kiranya Anda mengetahui apa saja hal-hal yang perlu dipastikan sebelum berwudhu. Syarat ini disebut syarat wajib wudhu, diantaranya adalah:
  1. Islam (Non-muslim tidak sah berwudhu)
  2. Mumayyiz (Kondisi umur ketika seseorang sudah bisa membedakan antara haq dan bathil).
  3. Suci dari masa haid (menstruasi) dan nifas (setelah persalinan).
  4. Tidak halangan di kulit yang dapat mencegah air (seperti cat, lipstik, ataupun bahan lainnya).
  5. Tidak ada zat yang bisa merubah sifat air (dari segi bau, rasa, dan warna)
  6. Seseorang harus mengetahui mana yang sunah dan wajib
  7. Menggunakan air yang suci dan mensucikan (air sumur, laut, ataupun hujan)
Beberapa syarat wajib berwudhu di atas perlu dipahami setiap muslimah. Ketika satu saja tidak ada, maka wudhunya dianggap tidak sah. Penting sekali hal di atas dipahami, karena kerap kali seseorang wanita islam acuh terhadap syarat sah wudhu ini.

Rukun Berwudhu untuk Wanita 

Perlu diketahui, rukun wudhu wanita dan pria itu sama. Menurut mazhab Syafi’i (mazhab terbesar yang diikuti muslim Indonesia), setidaknya ada 6 rukun Wudhu, diantaranya adalah:
  1. Niat (dalam hati)
  2. Membasuh muka (secara sempurna)
  3. Membasuh tangan sampai siku (atas sampai bawah, depan hingga belakang)
  4. Mengusap sebagian kepala dengan air (pada bagian akar rambut)
  5. Membasuh kaki hingga mata kaki
  6. Tertib (berurutan)
Setiap mazhab mungkin saja memiliki satu perbedaan rukun tertentu. Namun, umat muslim dilarang talfiq (menggabungkan dua mazhab atau lebih) untuk kepentingan praktis. Sehingga, ketika memakai mazhab Syafi’i, maka harus menggunakan mazhab tersebut dalam satu kategori ibadah.

Hukum Berwudhu bagi Seorang Muslim

Pada dasarnya, hukum berwudhu ada dua, wajib dan sunnah. Berdasarkan situasi dan kondisinya, Anda tentu wajib paham hukum wudhu yang sedang Anda kerjakan. Apakah itu sunnah atau wajib.

  • Sunnah

Dasar hukum berwudhu adalah sunnah. Sehingga, jika Anda melakukan ibadah ini tanpa tujuan, atau hanya ingin membersihkan diri, maka Anda mendapat pahala. Jika tidak, maka tidak berdosa.

Kesunnahan berwudhu ini bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan apapun. Entah itu ibadah mahdhah maupun ghairu mahdhah seperti:
  1. Hendak tidur (apalagi dalam keadaan junub)
  2. Keluar rumah
  3. Mengulangi wudhu meski belum batal
  4. Hendak berhubungan suami istri
  5. Saat adzan atau iqomah
  6. dan bahkan bekerja
Selain alasan kebersihan, wudhu dengan berbagai kepentingan tersebut akan membuat hati seorang muslimah menjadi bersih. Selain itu, wajah akan semakin terpancar kebersihan dan kesempurnaan ciptaan Allah سبحانه و تعالى.

  • Wajib

Semua tata cara berwudhu yang benar untuk wanita berhijab harus diikuti dengan baik, apalagi untuk wudhu yang hukumnya wajib. Wudhu dihukumi wajib, ketika digunakan bersuci sebelum melakukan ibadah yang mewajibkan bersuci, seperti:
  • Sholat (apapun jenisnya)
  • Thawaf dalam ibadah haji
  • Memegang Al-Quran atau Mushaf
Karena tiga ibadah tersebut diwajibkan suci dari hadas kecil dan besar, maka seseorang yang memiliki hadas harus bersuci. Entah itu dengan berwudhu maupun mandi besar. Jika seseorang tidak berwudhu, maka hukumnya adalah berdosa.

Tata Cara Berwudhu yang Benar untuk Wanita (Berhijab) Lengkap Dengan Doa Dan Gambar 

Sebelum masuk pada tata cara berwudhu untuk wanita beserta doanya, kami akan jelaskan sedikit adab seorang wanita ketika hendak berwudhu. Diantaranya adalah:
  1. Tidak di tempat umum (artinya tidak ada pria non-mahram yang bisa lihat)
  2. Menggunakan pakaian yang sopan (tidak telanjang)
  3. Dilakukan di tempat wudhu yang nyaman untuk wanita
  4. Dilakukan dengan serius (tidak bergurau)
  5. Berniat untuk menyucikan fisik dan hati
Setelah mengantongi beberapa adab berwudhu di atas, maka seorang muslimah bisa mulai berwudhu dengan tata cara di bawah ini:

1. Berniat di Dalam Hati

Cara wudhu yang benar untuk wanita yang pertama adalah berniat. Niat hukumnya wajib, sesuai kaidah fiqh:
“Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya....” [HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits]
Pada dasarnya, tidak semua ulama mensyariatkan niat dalam wudhu. Namun pada mazhab Syafi’i, niat adalah rukun yang harus dilakukan ketika berwudhu. Anda bisa mengucapkan niat seperti lafadz di bawah ini:

“Nawaitu wudhu-a lirofil hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa.”
Artinya: “Saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah ta’ala.”
Sekali lagi, niat ini dilakukan di dalam hati. Sehingga tidak perlu dilafadzkan dalam lisan. Ada beberapa ulama yang mengatakan niat lebih baik dilakukan ketika mulai membersihkan tangan atau membasuh wajah.

2. Mencuci Kedua Telapak Tangan (3 Kali)

Berwudhu adalah usaha seseorang  mensucikan diri dari hadas kecil. Bagian tubuh yang paling aktif digunakan untuk berwudhu adalah telapak tangan. Maka hal pertama yang harus dicuci adalah telapak tangan.

Ketika mencuci telapak tangan, Anda disunnahkan mengucapkan doa:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي جَعَلَ اْلمَاءَ طَهُوْرًا

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air itu suci.”
Doa tersebut tidak perlu diucapkan secara keras (jahr). Dilakukan dalam hati tidak masalah, dengan niat memuji Allah yang telah menciptakan air suci untuk berwudhu. Sehingga, Anda bisa mulai bersyukur dengan adanya nikmat air tersebut.

3. Berkumur (3 Kali)

Setelah telapak tangan bersih hingga ke sela-selanya, Anda bisa berpindah pada tata cara berwudhu yang benar untuk wanita selanjutnya, yakni berkumur sebanyak tiga kali.
Anda bisa mengambil air dengan telapak tangan, setelah itu menghisapnya ke mulut dan berkumurlah. Setelah itu buang air tersebut. Lakukan hal itu tiga kali sembari berdoa:

اللَّهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya: “Ya allah, bantulah aku supaya bisa berdzikir kepada-Mu dan Perindah Ibadah pada-Mu.”
Sebisa mungkin, kotoran yang ada di dalam mulut Anda hilang. Dengan begitu, mulut Anda akan bersih dan sehat tentunya.

4. Membasuh Hidung (3 Kali)

Langkah berwudhu untuk wanita selanjutnya adalah membasuh hidung. Jika Anda berkenan, bisa melakukan  istinsyaq dan istintsar, yakni menghisap air ke pangkal hidung. Sehingga terasa air masuk ke dalam hidung.

Jika tidak bisa melakukan istinsyaq tidaklah masalah. Anda cukup membasuh hidung dengan berdoa:

اَللَّهُمَّ أَرِحْنِي رَائِحَة الجَـنَّةْ

Artinya: “Ya Allah berikan aku penciuman menghirup harumnya surga.”

5. Membasuh Muka Secara Sempurna (3 Kali)

Tata cara berwudhu yang benar untuk wanita selanjutnya adalah membasuh wajah secara penuh. Maksudnya, Anda harus membasuhkan air suci ke seluruh wajah tanpa terkecuali.

Ketika memakai jilbab, hendaknya tetap dilepas agar air bisa menyentuh seluruh bagian wajah hingga batas rambut kepala depan, telinga, hingga dagu. Semua harus dibasuh dengan bersih, kalau perlu setiap basuhan digosok atau dipijat pelan-pelan. Dengan berdoa:

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ

Artinya: “Ya Allah, putihkanlah wajahku pada hari putihnya wajah-wajah dan hitamnya wajah-wajah.”

Membasuh wajah ini termasuk rukun wudhu yang harus dilakukan. Disyariatkan sebanyak tiga kali agar sempurna dan dilakukan secara perlahan. Basuhan air wudhu ini dipercaya bisa membuat wajah semakin bersih dan mempesona.

6. Membasuh Kedua Tangan Hingga Siku (3 Kali)

Kita berlanjutnya pada step membasuh kedua tangan. Satu hal yang perlu digaris bawahi, membasuh tangan dilakukan hingga siku memutar dan terbasuh sempurna.

Hal ini wajib dilakukan karena membasuh tangan hingga siku merupakan rukun wudhu. Selain itu, perlu dipahami jika tangan kanan dibasuh tiga kali dan tangan kiri dibasuh tiga kali. Sehingga keduanya mendapatkan porsi yang sama dengan berdoa:

اَللَّهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرًا

Artinya: “Ya Allah! berikanlah kepadaku kitabku dari sebelah kanan dan hitunglah amalanku dengan perhitungan yang mudah.”  [untuk tangan kanan]

اَللَّهُمَّ لاَ تُعْطِنِى كِتاَبِى مِنْ يَساَرِىْ وَ لاَ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِىْ

Artinya: “Ya Allah! aku berlindung denganMu dari menerima kitab amalanku dari sebelah kiri atau dari sebelah belakang.” [untuk tangan kiri]

Disunnahkan untuk membasuh tangan mulai dari yang kanan. Karena apapun yang baik, akan lebih utama dimulai dari yang kanan. Termasuk membasuh tangan ketika berwudhu.

7. Membasuh Sebagian Kepala (3 Kali)

Salah satu rukun wudhu lainnya adalah membasuh sebagian kepala. Dalam hal ini, mulai dari ubun-ubun dan pada bagian akar rambut. Ingat, “Sebagai kepala” bukan sebagian rambut.

Jadi, tidak ada lagi pertanyaan, “Jika botak, apa tidak disyariatkan membasuh rambut?”

Apalagi banyak muslimah yang tidak memahami hal ini. Tidak sah wudhu seseorang jika pada step ini yang dibasuh hanya ujung rambut. Karena yang disyariatkan adalah sebagian kepala sesuai dalil yang berlaku.

Doa yang disunnahkan untuk dibaca adalah:

اَللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, haramkan rambutku dan kulit kepalaku dari pada neraka.”

Jika rambut Anda lebat, maka perlu menyela-yela dengan jari. Hal tersebut dilakukan agar air semakin meresap ke dalam pori-pori kulit kepala Anda. Syariat membasuh sebagian kepala ini wajib dilakukan ketika Anda berwudhu.

8. Membasuh Dua Daun Telinga (3 Kali)

Tata cara berwudhu yang benar untuk wanita selanjutnya adalah membasuh daun telinga. Ada cara membasuh daun telinga yang benar, sehingga Anda tidak sembarangan melakukannya.

  • Basahi telapak tangan Anda, terutama jari
  • Setelah itu, masukkan telunjuk ke dalam lubang telinga
  • Letakkan ibu jadi di telinga bawah bagian belakang
  • Geser ibu jari ke atas hingga mengelilingi telinga
  • Setelah itu, tarik telunjuk dan usab lekukan telinga
  • Ulangi selama 3 kali dengan gerakan sama

Ketika membasuh daun telinga ini,  Anda disunnahkan berdoa:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ

Artinya: “Yaa ALlah, Jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengarkan kata dan mengikuti sesuatu yang terbaik.”

Membasuh daun telinga hukumnya memang sunnah, namun untuk menjaga kebersihan, tentu hal ini penting. Karena bagian telinga adalah bagian yang jarang sekali terkena bilasan air. Dengan berwudhu, daun telinga seseorang dijamin akan bersih.

9. Mencuci Kedua Kaki Hingga Mata Kaki (3 Kali)

Tata cara berwudhu yang benar untuk wanita terakhir adalah mencuci kedua kaki. Ingat, Anda harus membasuh kaki hingga ke mata kaki. Kalau perlu, hingga ke bagian lutut agar semakin bersih.

Disunnahkan untuk menyela-nyela jari kaki dan menggosoknya dengan tangan. Sehingga kaki semakin bersih dari kotoran yang mungkin menempel di antara jari. Ketika Membasuh kaki kanan, Anda disunnahkan berdoa:

اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ قدَمِي عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِاْ لاَقْدَامِ

Artinya: “Yaa Allah, yaa Tuhanku,tetapkanlah tumitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

 Dan ketika membasuh kaki kiri, Anda disunnahkan membaca doa:

اَللّهمَّ اِنِّى اَنْتُجِلَ قَدَمِ عَلَى صِرَاطِ فِى النَّارْ يَوْمَ تِجِلُ اَقْدَمِ المُنَافِقِيْنْ وَ المُشْرِكِينْ

Artinya: “Ya Allah yaa Tuhanku,sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumuitku dari atas jalan neraka,pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir.”

Perlu dipahami, membasuh kaki hingga mata kaki merupakan rukun wudhu. Maka harus dilakukan oleh muslimah ketika berwudhu. Perlu diingat juga, proses membasuh ini jauh lebih baik digosok juga. Sehingga semakin sempurna.

10. Tertib dan Berdoa

Tata cara berwudhu yang benar untuk wanita terakhir adalah berurutan. Artinya, semua hal yang kami jelaskan di atas, harus dilakukan langkah demi langkah. Tidak boleh melupakan satu rukun atau melangkahi satu rukun tertentu.

Setelah itu, Anda disunnahkan untuk mengucapkan doa setelah Wudhu, yakni:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya: “Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.”

Doa setelah wudhu ini sangat dianjurkan untuk diucapkan. Entah secara jahr (keras) maupun sirr (pelan), atau dalam hati juga tidak masalah. Intinya, kita tidak diperkenankan untuk tergesa-gesa ketika berwudhu.

Ketergesaan kita akan menyebabkan semua rukun menjadi kurang sempurna. Akhirnya semua tata cara berwudhu yang benar untuk wanita di atas menjadi kurang sesuai.

Tata cara wudhu untuk wanita di atas adalah sesuai dengan mazhab Syafi’i. Sehingga Anda bisa menerapkan cara di atas hanya untuk ketentuan wudhu mazhab Syafi’i. Penting untuk dipahami agar tidak menggampangkan masalah talfiq, karena bisa terjerumus pada menggampangkan ibadah.

Hikmah Wudhu bagi Seorang Wanita

Setelah mengetahui tata cara berwudhu yang benar untuk wanita, kami akan tunjukkan beberapa manfaat berwudhu yang bisa didapatkan oleh wanita. Manfaat ini ditinjau dari segi kesehatan fisik dan rohani, diantaranya adalah:
  • Membersihkan kulit dari kotoran
  • Mencerahkan wajah agar lebih menawan
  • Baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan
  • Hati semakin bersih dan tenang
  • Otak menjadi fresh dan segar
  • Kulit semakin kencang dan awet muda
  • Mencegah masalah kesehatan serius
  • Dan masih banyak lagi
Namun dalam syariat islam, semua manfaat tersebut bukanlah inti dari ibadah wudhu. Perspektif islam terhadap wudhu adalah sebuah ibadah untuk mensucikan hati agar semakin dekat dengan Allah Tuhan sang Pencipta Alam.

Manfaat wudhu dari segi kesehatan jasmani dan rohani di atas, hanya bonus yang akan didapatkan oleh seseorang yang rajin berwudhu. Sehingga, bagi Anda kaum wanita atau muslimah, tidak perlu ragu untuk wudhu berkali-kali untuk diniatkan ibadah.

Jika seorang muslimah sudah membiasakan berwudhu dalam hidupnya, dijamin wajahnya akan teduh dan damai. Sehingga membuat orang takjub ketika melihatnya. Selain itu, hati seorang muslimah akan damai, diselimuti hidayah dan tentunya hikmah akan mengalir pada dirinya sampai kapanpun.

Penutup : DI atas adalah merupakan Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar Cara Berwudhu cara berwudhu perempuan yang benar.

Semua tata cara berwudhu yang benar untuk wanita di atas harus dipahami baik-baik. Mengingat wudhu adalah ibadah yang wajib dilakukan sebelum ibadah utama, maka wanita harus melakukannya dengan sempurna. Karena jika wudhu yang dilakukan salah, maka salah juga ibadah terkait yang ia lakukan.

#Keyword:
cara berwudhu wanita, cara berwudhu wanita sesuai sunnah, cara berwudhu wanita berhijab, cara berwudhu perempuan yang benar, cara wudhu wanita guna spray, cara wudhu wanita hijab, cara wudhu wanita berihram, cara wudhu wanita di masjidil haram, cara wudhu wanita istihadhah, cara wudhu wanita rambut panjang, cara berwudhu yang benar untuk wanita, cara berwudhu yang benar untuk wanita berhijab, cara wudhu yang benar untuk wanita, tata cara berwudhu yang benar untuk wanita, cara berwudhu yang benar untuk wanita menggunakan gayung, video cara berwudhu yang benar untuk wanita, cara berwudhu yang benar untuk wanita beserta doanya, cara berwudhu yang benar untuk wanita bercadar, cara wudhu yang benar wanita, doa wudhu, doa wudhu lengkap, doa wudhu lengkap dengan gambar, doa wudhu latin, doa wudhu lengkap pdf, doa wudhu dan setelah wudhu, doa wudhu dan artinya, doa wudhu lengkap latin, doa wudhu tayamum, doa wudhu membasuh muka, doa wudhu muhammadiyah, doa wudlu

Hubungi Telpon
(ads2)
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Cara Berwudhu Yang Benar Untuk Wanita Beserta Doa Wudhu Lengkap Dengan Gambar Dan Latin ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Pengetahuan. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)
MAU DONASI? Donasi Via Paypal untuk traktir secangkir kopi publisher kami agar lebih semangat. Terima kasih.

Forum Tanya Jawab

0 Pengguna
* Mohon Jangan Spam link Disini. Semua Komentar akan ditinjau oleh Admin

Top Post Ad

Below Post Ad

Comments

Terbaru Di Heindonesia