Pasang Iklan Gratis Tayang Di Google

Mau bisnis Kamu Di Kenal banyak Orang? Pasang iklan bisnismu sekarang! Tanpa Daftar Langsung Tampil Di google!

+ Buat Iklan+ Iklan Baris

Advertisement

Gotong Royong Termasuk Sila Ke Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong

Daftar Isi (toc)

Heindonesia.id - Apakah kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan Gotong Royong Termasuk Sila Ke? Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong? Berikut ini adalah jawaban yang benar dan tepat.

Pertanyaan:
Gotong Royong Termasuk Sila Ke?
Jawaban:
Gotong royong adalah bentuk pengamalan pancasila sebagai dasar negara indonesia, seperti yang tercantum pada pancasila yakni sila ke 3 "Persatuan Indonesia". Bergotong-royong sudah menjadi karakteristik bangsa dan juga sebagai budaya yang sudah berakar kuat di kehidupan warga negara indonesia.

Pertanyaan:
 Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong?
Jawaban:
Gotong-royong adalah istilah Indonesia untuk bekerja secara bersama untuk mencapai satu hasil yang diharapkan . Maka, bergotong-royong adalah aktivitas yang dilakukan secara bersama-sama dan memiliki sifat suka-rela dengan bertujuan untuk membuat lancar satu tugas supaya menjadi mudah, cepat dan lebih ringan.

Gotong Royong Adalah

Gotong Royong Termasuk Sila Ke Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong

Tentunya sebagai warga negara indonesia kata gotong-royong/kerja bakti tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam kehidupan bermasyarakat entah itu di desa hingga kota budaya gotong royong kerap sekali  di lakukan oleh masyarakat dalam kegiatan bersosial.

Bergotong-royong dapat disebut sebagai keunikan Bangsa Indonesia. Sikap bergotong-royong yang dipunyai Bangsa Indonesia sudah ada dari dulu saat dari zaman nenek moyang kita. Hal itu yang membuat gotong-royong dipandang seperti identitas kepribadian dan budaya yang sudah mengakar di kehidupan Bangsa Indonesia.

Sikap gotong-royong Gotong royong mencerminkan sila ke 3 pancasila yang menjadi dasar negara indonesia. Sebagai bangsa yang besar dengan berbagai suku dan bahasa gotong royong tentu sangat di butuhkan dalam mewujudkan tercapainya suatu tujuan/kegiatan.

Kata gotong royong juga di berbagai daerah di indonesia juga berbeda-beda ya. Sebagai contoh Gotong royong di sumatera barat disebut (Dalam bahasa minang "Julojulo"- Padang)

Nah tentu kita juga sering mendengar kata kerja bakti kan? Kerja bakti adalah kata lain dari gotong royong. Di pedesaan khusunya di pulau jawa kata gotong royong lebih familier di sebut dengan istilah kerja bakti.

Manfaat Gotong Royong Adalah

Peratanyaanya apa manfaat dari gotong royong/kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?

Dengan bergotong royong/kerja bakti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu sangatlah memiliki manfaat. Berikut ini adalah manfaat kegiatan gotong royong bagi kehidupan.

1. Gotong Royong Dapat Meningkatkan Rasa Kebersamaan

Gotong-royong dapat meningkatkan rasa kebersamaan yang tumbuh di dalam lingkungan warga. Dengan bergotong-royong, warga ingin bekerja secara bersama-sama dalam menolong warga lainnya atau dalam membangun sarana prasarana lingkungan agar dapat digunakan bersama.

2. Gotong Royong Dapat Mempererat Rasa Persatuan

Dengan telah memiliki rasa kebersamaan antar warga tentunya hal tersebut juga akan melahirkan rasa  persatuan antar warga. Dan dengan rasa persatuan yang ada, masyakarat menjadi lebih kuat dan sanggup hadapi persoalan yang ada, Dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegarapun juga akan lebih kokoh

3. Gotong Royong Dapat Membuat Warga Lebih Ikhlas Dan Rela Berkorban

Gotong-royong mengajarkan tiap orang untuk ikhlas rela berkorban. Pengorbanan itu bisa berupa apa saja, dimulai dari berkorban waktu, tenaga, ide/gagasan pemikiran, sampai uang. Semua pengorbanan itu dilaksanakan untuk kebutuhan bersama dan untuk kebaikan bersama. 

4. Gotong Royong Dapat Menumbuhkan Rasa Saling Tolong Menolong

Gotong-royong membuat warga saling membahu untuk membantu satu sama lainnya. Dalam kegiatan gotong royong (Kerja Bakti) dalam hal sekecil apapun itu tentu akan memberikan kontribusi yang bermanfaat baik untuk pribadi, atau lingkungan sekitar.

Tuliskan contoh kegiatan yang mencerminkan gotong royong di masyarakat

Nah bagi kamu yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan tuliskan contoh kegiatan yang mencerminkan gotong royong di masyarakat berikut ini adalah jawabnya.
  1. Pembangunan Masjid Atau Mushola 
  2. Gotong Royong membuat jalan, jembatan dan faslitas umum
  3. Gotong Royong mendirikan dan membangun rumah. 
  4. Kerja bakti untuk membersihkan selokan dilingkungan sekitar. 
  5. Gotong royong pada saat ada warga yang meninggal

Contoh gotong royong di sekolah

Nah bagi kamu yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan contoh gotong royong di sekolah berikut ini adalah jawabnya.
  1. Gotong royong dalam membersihkan kelas
  2. Gotong Royong membersihkan Toilet sekolah
  3. Gotong Royong membersihkan area masjid sekolah 
  4. Gotong royong Membersihkan Lingkungan sekitaran sekolah

Gambaran Gotong Royong (Gambar) Kartun

Nah bagi kamu yang sedang mencari tentang gambaran gambar gotong royong bisa klik DISINI.

Kamu bisa menemukan banyak gambar gotong royong, gambar gotong royong kartun, gambar gotong royong di sekolah, gambar gotong royong di rumah, gambar gotong royong yang mudah, gambar gotong royong di masyarakat kartun, gambar gotong royong mudah, gambaran perilaku gotong royong, gambaran poster gotong royong, gambar gambaran gotong royong, gambar gotong royong kartun yang mudah digambar, gambar gotong royong membersihkan selokan, gambar gotong royong di lingkungan rumah.

Tujuan Gotong Royong Adalah

Gotong royong tentu saja sebagai satu aktivitas yang mempunyai arah dan tujuan tertentu bagi berbangsa dan bernegara. Berikut sejumlah tujuan dari gotong royong:

1.Mengajak warga untuk dapat turut bekerja sama di dalam setiap kegiatan berkaitan dengan lingkungan sekitar.
2. Tingkatkan tali persausdaraan dan kebersamaan antara warga/masyarakat.
3. Membuat masyarakat supaya lebih solid dan sama-sama mengenali satu sama lainnya.
4. Membuat suatu tugas kegiatan menjadi lebih ringan
5. Memperkuat rasa kesatuan dan persatuan.

Pemahaman/Pengertian Gotong Royong Menurut Beberapa Pakar (ahli)

1. Gotong Royong Menurut Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo

Sakjoyo dan Pujiwati Sakjoyo menyampaikan pemahaman gotong royong sebagai tradisi istiadat bantu-membantu di antara masyarakat dalam beragam jenis kegiatan sosial, baik berdasar jalinan tetangga kekeluargaan yang berdasar efektif yang karakternya ringkas dan ada juga aktivitas kerja-sama lainnya.

2.  Gotong Royong Menurut Koenjaraningrat

Pemahaman gotong royong menurut Koenjaraningrat, ialah satu ide yang kuat keterkaitan dengan kehidupan warga sebagai petani pada warga agraris. Gotong royong sebagai satu mekanisme pembimbingan tenaga tambahan di luar keluarga untuk isi kekurangan dalam rencana aktivitas produksi berkebun.

3.  Gotong Royong Menurut Mubyarto

Pemahaman gotong royong menurut Mubyarto ialah aktivitas bersama untuk capai arah bersama.

Nilai dan Karakter Gotong Royong

Nilai Gotong Rotong

  • Kebersama-samaan: Gotong royong menggambarkan kebersama-samaan yang tumbuh di dalam lingkungan warga.
  • Persatuan: Kebersama-samaan yang terikat dalam gotong royong sekalian melahirkan persatuan antara anggota warga.
  • Ikhlas Berkorban: Gotong royong mengajarkan tiap orang untuk ikhlas berkorban. Pengorbanan itu bisa berupa apa saja, dimulai dari berkorban waktu, tenaga, pertimbangan, sampai uang.
  • Tolong Membantu: Gotong royong membuat warga sama-sama bersatu untuk membantu keduanya.
  • Publikasi: Gotong royong bisa membuat manusia kembali sadar bila dianya ialah maskhluk

Nilai Karakter Gotong Rotong

  1. Sebagai karakter dasar bangsa Indonesia sebagai favorit bangsa dan tidak dipunyai bangsa lain.
  2. Ada rasa kebersama-samaan dalam tiap tugas yang sudah dilakukan. Sebagai bahan pemikiran jika nilai-nilai kebersama-samaan yang sejauh ini ada perlu selalu dijunjung tinggi dan dilestarikan supaya makin lama tidak makin menghilang.
  3. Mempunyai nilai yang mulia di kehidupan.
  4. Junjung tinggi nilai kemanusiaan, karena dalam aktivitas bergotong-royong, tiap tugas dilaksanakan secara bersama tanpa melihat posisi seorang tapi melihat keterkaitan pada suatu proses tugas sampai sesuai yang diharap.
  5. Memiliki kandungan makna sama-sama menolong yang sudah dilakukan untuk kebahagiaan dan kerukunan hidup bermasyarakat.
  6. Satu aktivitas yang sudah dilakukan secara bersama dan karakternya suka-rela tanpa berharap imbalan apa saja dengan arah satu tugas atau aktivitas akan jalan secara mudah, lancar dan enteng.
Sumber :https://hot.liputan6.com/read/4520401/pengertian-gotong-royong-tujuan-dan-nilai-nilainya-yang-harus-dipahami

Kesimpulan Dari Artikel Gotong Royong

Gotong royong ialah satu aktivitas yang sudah dilakukan secara bersama dan memiliki sifat suka-rela supaya aktivitas yang ditangani bisa jalan secara lancar, gampang dan enteng. Contoh aktivitas yang bisa dilaksanakan secara gotong-royong diantaranya pembangunan sarana umum dan bersihkan sekitar lingkungan.

Sikap gotong royong itu semestinya dipunyai semua komponen atau kalangan masyarakat yang berada di Indonesia. Karenanya ada kesadaran tiap komponen atau kalangan masyarakat lakukan aktivitas dengan gotong-royong.

Dengan begitu segala hal yang bakal ditangani dapat cepat dan mudah dituntaskan dan tentunya pembangunan di wilayah itu akan makin lancar dan maju. Bukan hanya itu, tapi karena ada kesadaran tiap komponen dan kalangan masyarakat dalam mengaplikasikan sikap gotong royong karena itu jalinan persaudaraan atau bersilahturahmi akan makin kuat.

Punya Masukan Atau Jawaban Yang Lebih Tepat?:
Berikan pendapat dan jawaban kamu tentang Gotong Royong Termasuk Sila Ke Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong melalui kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel ini dan jawaban kamu dapat bermanfaat bagi semuanya...
Hubungi Telpon
(ads2)
PERHATIAN!
Semua data di atas adalah data terakhir yang valid saat artikel tentang Gotong Royong Termasuk Sila Ke Dan Apa Yang Dimaksud Dengan Gotong Royong ini dibuat. Sumber artikel ini berasal dari data https://www.google.co.id/maps dan berbagai sumber lainnya. Perlu diketahui bahwa kami tidak menyarankan atau merekomendasikan anda untuk mengklik dan mengikuti dari segala link keluar yang terdapat di situs ini. Situsheindonesia.id tidak bertanggung jawab atas Segala resiko transaksi. Artikel ini dibuat dengan tujuan mempermudah pembaca dalam mencari informasi terkait Tanya Jawab. Tetap bijak dan selalu berhati - hati dalam bertransaksi.
(alert-warning)
MAU DONASI? Donasi Via Paypal untuk traktir secangkir kopi publisher kami agar lebih semangat. Terima kasih.

Forum Tanya Jawab

0 Pengguna
* Mohon Jangan Spam link Disini. Semua Komentar akan ditinjau oleh Admin

Top Post Ad

Below Post Ad

Comments

Terbaru Di Heindonesia