Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Tentang Tempat Ini

Tifaniadelia.com - Penyebab Suami Selingkuh Dan Cara Mengatasinya. Di dalam kehidupan rumah tangga seseorang pastinya semua orang menginginkan sebuah hubungan yang baik-baik saja, namun pada kenyataannya banyak juga yang mengalami kegagalan. Entah itu hubungan yang kurang harmonis bahkan berujung pada perceraian.

Penyebab dari hubungan yang tidak harmonis ini akibatnya selingkuh entah suami atau istri, banyak sekali macamnya, mulai dari faktor sejak mulai menikah, misalkan pernikahan yang bukan keinginan kedua belah pihak, perbedaan prinsip, faktor ekonomi, sampai dengan hadirnya orang ketiga alias terlibat perselingkuhan.

Selingkuh bisa dilakukan dari pihak manapun, baik itu suami atau istri. faktornya pun banyak sekali. Kali ini aku akan membahas secara keseluruhan pada artikel kali ini khusus mengenai penyebab suami selingkuh dan cara mengatasinya.

Baca juga : Penyebab Istri Selingkuh dan Cara Mengatasinya.

Penyebab Terjadinya Perselingkuhan

Penyebab suami selingkuh dan cara mengatasinya
Ilustrasi : Foto ( Shutterstock.com )

A. Penyebab Suami Selingkuh

Seorang suami biasanya adalah orang yang harusnya memberi contoh dan bisa memimpin keluarga dengan baik. Nyatanya tidak sedikit juga suami yang terlibat perselingkuhan dengan wanita lain. Yang namanya selingkuh tidak ada yang benar alasannya, apapun itu alasannya, selingkuh merupakan perbuatan yang tidak baik karena sudah menghianati ikrar janji suci pernikahan.

Yang salah siapa sih sebenarnya? Yang selingkuh yang paling bersalah karena mengambil keputusan yang salah. Namun bisa juga yang diselingkuhi pun bisa menyebabkan hal itu terjadi. Yuk simak beberapa hal yang menjadi penyebab suami selingkuh.

1. Kurangnya Ilmu Agama Yang Kuat

Seorang yang memiliki pemahaman agama yang bagus dalam agama mereka pasti mereka akan menjauhi yang namanya perslingkuhan, karena itu temasuk zina yang tergolong perbuatan terkutuk. Perbuatan zina akan mendapatkan balasan instan di dunia maupun di akhirat kelak. 

Makanya penting sekali di dalam sebuah rumah tangga yang dibangun harus adanya pembelajaran agama bersama, agar tahu bagaimana berumah tangga yang benar dan mendapatkan RidhoNya. Dalam hal ini apapun alasan suami ketika dia mengambil keputusan untuk selingkuh sebenarnya adalah salah, karena sudah melanggar perjanjian nikah dan menghianati istrinya.

Alangkah lebih baik cerai dan berganti pasangan daripada selingkuh, jika memang sudah tidak saling cocok. Meskipun perceraian adalah hal yang dibenci Tuhan. Makanya keterbukaan antara kedua belah pihak serta saling koordinasi juga cukup menentukan.

2. Kurang Diperhatikan Istrinya

Seorang laki-laki membutuhkan perhatian dari seorang istri, jika dia merasa kurang diperhatikan, dia akan sangat tidak senang dan memicu suami mencari perhatian dari orang lain. Misalkan saja sepulang kerja dia capek, namun istrinya kurang tanggap dalam melayani, misalkan saja seorang suami sedang banyak masalah dalam kerjaan namun sang istri kurang pedulim dan masih banyak contoh lainnya.

3. Tergoda Dengan Rayuan Madu Wanita Lain

Yang namanya tergoda ya berarti gak kuat imannya. Dan kemungkinan besar yang salah adalah suaminya. Karena harusnya mampu menjaga hati untuk istrinya dirumah namun diluaran malah tergoda dengan orang lain. Koreksi juga buat sang istri, selama ini mungkin istrinya jarang sekali merawat diri atau berpenampilan pantas di depan suami sehingga suami menjadi melirik wanita lain.

Seorang istri kadang karena sibuknya mengurus keperluan dirumah sehingga lupa merias diri. Sebenarnya sangat wajar, karena dalam hal ini seorang istri tanggungjawab dirumah juga sangat banyak. Dan harusnya suami juga mengerti soal hal ini dan bisa memaklumi jika istrinya sudah tidak terawat seperti dulu lagi.

4. Kehidupan Sex Tidak Harmonis

Kehidupan sex merupakan faktor penting sebuah keharmonisan rumah tangga, karena disitulah tempat dimana suami dan istri saling berbagi cinta mereka secara fisik dan batin. Penyebab suami selingkuh bisa juga karena tidak puas dengan kehidupan sex dengan istrinya. Bisa jadi karena istrinya jangan memberikan kehidupan sex pada suami, pada saat suami meminta, ya jelas saja suami bakalan mencari kepuasan sex diluaran sana.

Disini memang harus ada pengertian dan koordinasi dari kedua belah pihak mengenai hubungan seksual mereka, jangan sampai salah satunya kurang puas dan akhirnya diam-diam mencari kepuasan yang lain. Harus saling mengerti dan bersedia. Jika suami minta, meskipun seorang istri sudah capek karena ngurus rumah seharian usahakan untuk tetap berusaha menghargai permintaan suami tersebut, begitu juga dengan suami, sama saja.

5. Hubungan Jarak Jauh

Sebagian besar perselingkuhan penyebabnya adalah hubungan jarak jauh alias LDR. Dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana caranya saling menjaga hati dan nafsunya ketika jauh dari pasangan.

Ketika saling berjauhan memungkinkan sekali buat berhubungan dengan yang dekat. Itu sebenarnya masuk akal. Makanya kalau bisa suami juga jangan terlalu lama derada jauh dari istri, misalkan merantau ya usahakan untuk pulang jika ada waktu luang.

Solusi lain adalah jika memungkinkan misalkan suami merantau atau berpergian jauh dalam waktu lama untuk mengajak istrinya juga dengan demikian tidak akan memicu terjadi yang namanya perselingkuhan.

6. Kurang Mendapatkan Rasa Hormat

Tidak dipungkiri kalau seorang laki-laki pada dasarnya ingin dihargai dan dihormati wanitanya, bisa saja suami melirik wanita lain diluar sana karena dirumah merasa gak dihormati. Misalkan saja suami sang istri selalu melawan atau sering berkata nada tinggi. 

Suami akan sangat merasa senang jika usahanya selalu dihargai oleh istrinya, misalkan saja penghasilan suami masih sedikit, namun istrinya mau menerima dan menghargai jerih payahnya tadi.

Tapi juga untuk suami seharusnya berusaha juga agar bisa dihormati, bagamaina dia bertanggungjawab dengan keluarga dan bagaimana caranya agar bisa membahagiakan istrinya.


B. Cara Mengatasi Suami Selingkuh

Penyebab Suami Selingkuh dan Cara Mengatasinya. Sebelum bicara  mengenai cara mengatasinya alangkah lebih baik sebenarnya untuk mencegahnya terlebih dahulu dengan membangun hubungan harmonis, saling pengertian dan saling menjaga hati. Latihan ini sebenarnya harus dibangun dari sebelum mereka menikah, jika sebelum menikah saja sudah tidak setia atau pernah selingkuh, maka kemungkinan terulang juga lebih besar jika tidak ada proses yang baik.

Namun bagaimana jika sudah terlanjur terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Yang pertama adalah mediasi keduanya terlebih dahulu, diskusikan dengan baik, karena jika menggunakan kekerasan justru akan meyebabkan masalah lain. Diskusikan diantara kedua belah pihak apa masalahnya selama ini kenapa sampai bisa terjadi perselingkuhan. Meskipun dalam hal ini pasti akan sulit saling menerima dan memaafkan, namun perlu dicoba, siapa tahu hubungan rumah tangga masih bisa diperbaiki.

Yang Kedua adalah mediasi dengan penengah, bisa mengundang seorang yang bisa dipercaya untuk menengahi permasalahan yang terjadi, karena biasanya kalau ada penengah dalam mediasi akan menetralkan ego dari keduanya. Usahakan untuk mediasi menggunakan penengah dari orang luar yang bukan keluarga sendiri, karena jika keluarga sendiri akan kurang netral dan nanti imbas lainnya banyak sekali.

Yang Ketiga  adalah menggunakan jalur hukum. Sesuai dengan Kitab Undan-undang  Hukum Pidana (KUHP) pasal 284, hukum pelaku zinah bisa dikenakan hukuman 9 bulan penjara. Selain itu pihak yang dirugikan bisa menuntut juga dengan hal yang lain. Kalau sudah membawa ke jalur hukum, biasanya akan tetap sekaligus melakukan proses perceraian.


C. Penyelesaian Yang Salah Terhadap Peselingkuhan

Biasanya jika seorang yang diselingkuhi saking sakit hatinya kadang sampai melakukan hal-hal nekat yang justru merugikan dirinya sendiri, misalkan saja malah membunuh atau menghakimi sendiri dengan kekerasan baik pada suami atau wanita yang diajak selingkuh tadi.

Mau menggunakan dalih tersakiti maupun dendam atau apapun, kekerasan akan disalahkan dalam hukum apalagi berujung pada pembunuhan. Seringkali ditemukan dalam berita mengenai hal ini. Jadi usahakan untuk menempuh jalur yang benar. Jangan sampai yang tadinya salah justru bisa bebas, lalu yang tadinya diselingkuhin malah ruginya double.

Tentunya diantara kita tidak ada yang ingin diselingkuhi, maka dari itu kita sendiri juga jangan selingkuh. Banyak faktor yang harus dijaga memang dari kedua belah pihak.

Mudah-mudahan saja kita dijauhkan dari kasus yang seperti ini dan semoga saja buat yang sedang diselingkuhin bisa bersabar, karena pasti nantinya akan mendapatkan hal yang baik sebagai gantinya suatu saat nanti. Dan untuk yang selingkuh harusnya juga sadar karena apapun alasanmu, selingkuh bukanlah hal yang bisa dibenarkan.

Adapun jika ada hal yang kurang dan kurang tepat anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar artikel ini, dinisi aku beropini dan berasumsi, dan mungkin setiap orang punya pendapat yang berbeda

Terima kasih dan semoga bemanfaat (author tifaniadelia.com)


Baca Juga : Tips Dan Motivasi

Posting Komentar untuk "Penyebab Suami Selingkuh Dan Cara Mengatasinya"