Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Tentang Tempat Ini

Tifaniadelia.com – Resep Nasi Goreng Ayam Petai Sederhana Buatan Sendiri. Halo sobat tifani, kali ini aku pengen share hal yang beda dari biasanya yakni membuat nasi goreng ayam yang rasanya maknyus… hehe . Sebenarnya sih aku jarang masak juga kalau sedang di perantauan, paling-paling cuma kalau pas libur gitu buat mengisi waktu sekaligus buat refresing.

Tapi yang Namanya anak kost diperantauan masaknya paling-paling yang sederhana, kaya masak nasi sayur sama lauk, paling kalau malem atau gak sore bikin nasi goreng, kalau pas ada teman ya masak ayam bareng entah itu dibakar atau digoreng sama bikin nasi liwet. Tapi kali ini aku bakalan ngebahas nasi goreng ayam terlebih dahulu ya.

Tips buat Nasi Goreng Ayam Petai Sederhana Buatan Sendiri


Sudah banyak tahu juga sih apa saja bahan-bahan buat nasi goreng ayam. Buat yang belum tahu bahannya apa saja, bahannya adalah sebagai berikut :

  • Dada ayam
  • Nasi
  • Sawi
  • Petai
  • Daging sapi 
  • bawang merah
  • bawang putih
  • garam
  • kecap asin
  • kaldu jamur
  • origano bubuk
  • saus tomat
  • cabai rawit merah
  • kecap manis
  • telur

Nah buat bahan-bahan diatas sih kalau pas komplit ya, kalau ga komplit ya minimal gunain bumbunya yang lengkap aja. Kalau untuk kecap minimal ada kecap manis. Kadang aku tambah sedikit saos juga rasanya aneh tp enak. Hehe

Pertama-tama haluskan terlebih dahulu atau bisa juga dipotong kecil-kecil tipis begitu bumbunya, ada cabe, garam, kaldu, bawang merah bawang putih.

Tapi sebelum itu sobat bisa masak terlebih dahulu untuk ayamnya, entah itu digoreng apa direbus dulu, enaknya sih direbus dulu, itu kalau bikinnya agak banyak ya misalkan ada temen-teman kayak gitu.

Kedua tuangkan minyak secukupnya, kemudian jika sudah panas bumbunya dimasukin, nah biarkan sebentar hingga bumbunya berubah warna kemerahan, tapi jangan sampai gosong juga ya.  Inia da 2 pilihan soal telur, bisa dibuat dadar alias diaduk bareng bumbu sama nasi, atau bikin ceplok, kalau dibikin ceplok berarti digoreng terpisah.

Setelah itu baru masukkan nasi secukupnya, lalu aduk hingga merata. Aduk bumbu dengan nasi hingga merata, kemudian masukkan sisiran ayam, kemudian aduk kembali kembali  hingga merata.

Sebenarnya sih yang Namanya bikin nasi goreng sama seperti itu caraya, Cuma yang paling penting pada saat ngaduk nasi apinya jangan terlalu besar, kemudian lakukan hingga itu nasi bermekaran sendiri. Nah itu tandanya udah benar-benar masak. Kadang kalau buru-buru itu yang hasilnya kurang mantap.

Nah kemudian jika nasi sudah bergerak bermekaran berarti siap ditirskan ke piring lalu siap dihidangkan deh. Hehe Yang terakhir tinggal taburin lalapannya.

Oke sobat itu tadi adalah caraku bikin nasi goreng kala hari libur begini, sebenarnya sih udah tadi pagi ngebuatnya, jadi kefikiran buat nulis sekarang.

See you guys,….

Posting Komentar untuk "Resep Nasi Goreng Ayam Petai Sederhana Buatan Sendiri"