Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Tentang Tempat Ini

Tifaniadelia.com – Minggu pagi habis makan nasi uduk saya jadi kefikiran buat posting mengenai resep nasi uduk ayam goreng yang barusan aku buat sarapan. Bicara soal nasi uduk nih kalau di area banyak kost-kostan sama kontrakan begini laris banget.

Ada yang jualan pagi aja, tapia da juga nasi uduk yang 24 jam. Ada yang menunya komplit banget sampe segala kerupuk, segala lauk ada, tapia da juga yang sama jengkol sama telur saja.

Bicara soal nasi uduk, sebenarnya buat nasi uduk sendiri buat dimakan sendiri bareng kaluarga juga enak. Tapi kalau buat jualan untungnya juga banyak. Dengan bahan-bahan yang bisa dibilang gak perlu modal banyak tapi bisa untungnya lumayan.



Nah kali akum aku share bagaimana jika bunda atau sobat mau bikin nasi uduk dirumah, enggak sulit kok sebenarnya, ini dia resep nasi uduk antara lain :

Bahan-bahan untuk pembuatan menu utama

  • Beras
  • Ayam (kalau bisa ayam kampung)
  • Telur
  • Tempe Panjang

Keterangan : Bahan-bahan diatas secukupnya saja di sesuaikan dengan kebutuhannya buat berapa porsi.


Bumbu Nasi Uduk

  • Santan bisa buat sendiri atau sachet
  • Daun salam
  • Daun jeruk 
  • Batang Serai
  • Garam

Keterangan : Caranya Cuci bersih beras terlebih dahulu sampai bersih, lalu diamkan beberapa saat biar berasnya lunak sedikit. Kemudian kita bisa mulai buat masak nasi nya masukkan kedalam magiccom dengan air secukupnya, kemudian masukkan bumbu-tersebut kedalamnya aduk sampai rata kemudian tunggu hingga tanak. Nah selama proses masak nasi bisa kita gunakan untuk masak bahan yang lain.

Sambil menunggu nasi matang, kita bisa masak ayam gorengnya, untuk bumbunya antara lain :

  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Kunyit
  • Jahe
  • Lengkuas
  • Ketumbar
  • Secukupnya Garam, Gula, Kaldu jamur
  • Batang Serai
  • Daun salam

Langkah-langkahnya :
Potong ayam sesuai dengan selera, dan juga sesuaikan dengan porsi yang bakalan dibuat. Lalu kita bisa mulai memasak ayam dengan bumbu2 diatas dengan air secukupnya dan direbus hingga matang terlebih dahulu baru nanti di goreng.

Kemudian kita bisa membuat orek tempenya, bumbunya antara lain :

  • Bawang merah
  • Barang putih
  • Cabai merah keriting
  • Lengkuas potong utuh
  • Daun salam
  • Gula merah, Kecap manis

Keterangan : untuk bawang merah, bawang putih dan cage merah keriting di iris tipis-tipis saja, kemudian kalau untuk lengkuasnya utuh ya, ga perlu di gilas, daun salamnya utuh, kemudian gula merah dan juga kecap manis secukupnya. Intinya bumbu buat orek di sesuaiin aja dengan porsi pembuatannya mau untuk berapa porsi.

Kemudian kita bisa siapkan bumbu-bumbunya kemudian kita tumis bumbunya terlebih dahulu hingga masak dan sampai kecium bau harumnya, lalu setelah itu baru kita masukkan tempenya.
Langkah terakhir kita bisa membuat telur dadarnya, seperti biasa kita kocok dalam mangkuk, tambahkan sedikit garam. Tapi kalau aku sendiri lebih suka kalau bikin telur selalu telur mata sapi.

Penyajiannya :
Setelah nasi matang, kemudian ayam sudah digoreng, orek tempe sudah matang dan juga telurnya. Kita bisa mulai penyajiannya. Ambil nasi secukupnya, iris ayamnya seduai dengan selera, kemudian ambil lauk orek tempe dan juga iris telur dadar tadi kecil-kecil lalu taburkan.

Nah… jadi deh menu nasi uduknya, kalau misalkan biar tambah mantap ya buat sambal juga.
Oke sobat dan bunda, itu tadi aku nulis tentang gimana caranya buat nasi uduk, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih . . . .


Baca Juga : Tips Dan Motivasi

Posting Komentar untuk "Resep Nasi Uduk Ayam Goreng Beserta Cara Membuatnya"